Jumat, 01 Maret 2013

Jalan Kaimana-Triton Dongkrak Wisata, Untuk Menunjang Wisata Di Triton, Bandara Juga Akan Diperpanjang

KAIMANA- Kepala Dinas PU Kaimana, Nikolaus Kuahatty, M.Ec, DEV, mengatakan, pengembangan ruas jalan Kaimana-Sisir hingga tembus ke Triton, akan tetap menjadi prioritas pembangunan lima tahun ke depan, sesuai dengan RPJMD. Untuk mendukung ekonomi produktif masyarakat maka pembangunan jalan pada titik-titik pertumbuhan menjadi agenda pemerintah daerah yang sedang dilaksanakan. Salah satunya pembangunan jalan dari Kaimana melewati kampung Sisir tembus Triton, jelas Kuahatty saat dikonfirmasi belum lama ini di ruang kerjanya.
Pembangunan jalan tersebut selain Triton, kata Kuahatty, sebagai salah satu asset yang dimiliki Kabupaten Kaimana karena potensi pariwisata yang sangat luar biasa, juga membangun aksebilitas. Di bidang Pariwisata, aku Kuahatty lagi, pemerintah saat ini sedang menggerakan arah pengembangan Pariwisata Teluk Triton dengan menyediakan infrastruktur penunjang antara lain membangun aksebilitas menuju Triton kurang lebih 65 Km dari Kota Kaimana melewati Kampung Sisir. Dijelaskan, selain program ini sudah masuk dalam RPJMD tetapi juga telah masuk dalam rencana strategis nasional melalui UP4B. Dia menambahkan, selain membangun aksebilitas menuju Triton pemerintah daerah juga akan prioritas pada peningkatan kapasitas Bandara Utarum Kaimana agar bisa didarati pesawat berbadan lebar dengan kapasitas penumpang diatas 130 orang serta pembangunan pelabuhan Kaimana. Kami sangat optimis bahwa kekayaan bahari untuk pecinta Snorcling dan Diving serta alam di lokasi Triton akan memiliki keunggulan yang kompetitif (Competitive Advantage) dan keunggulan komperatif (Comperative Advantage) terhadap pariwisata yang sudah terkenal yaitu Raja Ampat, ujarnya.

Sektor Pariwisata, lanjut Kuahatty, merupakan salah satu sector andalan Pemkab dalam prioritas pengembangan dibawah kepemimpinannya sangat beralasan karena menurutnya sector pariwisata bukan lagi sebagai sector jasa tetapi telah berubah menjadi sector industri yang memiliki multiplier effect terhadap kebutuhan kepariwisataan, terutama akan memberi ruang bagi masyararakat lokal dalam meningkatkan pendapatannya.

Diakui, masyarakat Kaimana juga sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam menjadikan sektor pariwisata sebagai sektor andalan pengembangan pembangunan kedepan karena menurut mereka potensi wisata laut Teluk Triton Kaimana, merupakan salah satu asset pariwisata Kaimana yang tak kalah bersaing dengan wisata laut Raja Ampat.
Untuk itu, perlu ada pengembangan wisata itu ke depannya, dengan menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana pendukung. Selain itu, publikasi pun menjadi bagian terpenting dalam pengembangan potensi wisata Teluk Triton. Untuk menuju ke arah itu, butuh dukungan semua pihak. Memang membangun sektor pariwisata, harus tersedia sejumlah sektor lainnya, seperti akses transportasi, laut maupun darat, komunikasi, hotel, keamanan dan kenyamanan, sehingga memberikan ruang terhadap sektor ini bisa berkembang dengan cepat, akunya.(nic)

Sumber :  http://www.radartimika.com/index.php?mib=berita.detail&id=8566

Tidak ada komentar:

Posting Komentar