Kamis, 31 Januari 2013

Empat Isu Sentral Ditindaklanjuti Dalam RAPBD 2013

KAIMANA - Empat isu sentral yang menjadi perhatian pemerintah daerah dalam mengimplementasikan sejumlah program yang dialokasikan dari RAPBD Tahun Anggaran 2013, diantaranya Bidang Perekonomian, Bidang Kesehatan, Bidang Layanan Jasa Publik dan Bidang Keuangan Daerah. Demikian yang dijelaskan Bupati Kaimana Drs. Matias Mairuma dalam pidatonya lewat paripurna DPRD dngan agenda penyampaian Nota Keuangan dan Penyampaian RAPBD Tahun Anggaran 2013 kemarin (28/01).

Dibidang Ekonomi jelas Bupati Mairuma, pemerintah Daerah terus berupaya mndorong peningkatan kapasitas produksi dari sector primer seperti pertanian, peternakan,kelautan perikanan, kehutanan perkebunan dan usaha kecil menengah sebagai tulang punggung ekonomi masyarakat dan dengan tetap mendorong meningkatnya aktivitas perdagangan lokal. Pada sektor perikanan dan kelautan misalnya budidaya rumput laut, perikanan laut maupun maupun darat yang berkelanjutan disertai dengan pembenihan perikanan laut dan darat. pertanian, peternakan dan kehutanan lebih diarahkan pada komoditas unggulan terutama jagung,kopi dan pala serta beberapa komoditas unggulan jangka panjang dengan nilai ekonomis yang tinggi, terutama kayu Masohi. Disamping itu pemda akan mendorong kebijakan yang yang kiranya dapat menciptakan iklim investasi local yang kondusif dan kompetitif. Upaya ini akan diimplementasikan melalui perwujudan tata kelola pemerintahan yang baik yang berbasis pada pelayanan masyarakat,jelas Bupati.
Dibidang pendidikan dijelaskannya masih menjadi urusan wajib pemerintahan dengan alokasi anggaran terbesar dalam RAPBD 2013 dimana melampui angka 20% sebagaimana yang diamanatkan undang-undang. Pada sektor ini menurut Bupati pemenuhan kualitas pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan atas serta peningkatan fasilitas pendidikan dan subsidi bagi siswa-siswi Kaimana di SMA unggulan, pengiriman siswa-siswi untuk belajar sains pada Institute Yohanes Suryo, subsidi SI pendidikan guru,D3 Keperawatan dan Kebidanan, bantuan pembayaran SPP bagi mahasiswa Kaimana,bantuan bagi asrama mahasiswa Kaimana di kota studi serta subsidi pendidikan lainnya yang pada prinsipnya diharapkan dapat meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Kaimana.
Untuk pelayanan jasa publik, peningkatan kualitas pelayanan public menjadi penting terutama untuk mmenuhi sarana dan prasarana pelayanan kemasyarakatan yang representatif, serta dalam menyediakan infrastruktur dasar pada titik pertumbuhan di Kabupaten Kaimana di kabupaten Kaimana dan fasilitas penunjang kegiatan investasi di daerah ini. Berkaitan dengan peningkatan infrastruktur pada area-area yang menjadi titik pertumbuhan,diharapkan akan mendorong sector primer yang kontribusinya dirasa belum optimal dalam peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di kampung-kampung.
Di bidang Keuangan Daerah, untuk mendorong formulasi kebijakan anggaran, akuntabel,telah didorong partisipasi public yang lebih luas srta penyebarluasan informasi penyelenggaraan pembangunan yang diharapkan akan bermuara pada peran-peran aktif masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan di kabupaten serta sedapat mungkin mengurangi disparitas pada semua sektor dan bidang antara desa dan kota. (nic)

Sumber :  http://www.radartimika.com/index.php?mib=berita.detail&id=7053

Tidak ada komentar:

Posting Komentar