Minggu, 20 Januari 2013

Laporan Pertandingan: Real Sociedad 3-2 Barcelona

Real Sociedad menjadi tim pertama yang mampu menaklukkan Barcelona musim ini.

Real Sociedad akhirnya memupus rekor sempurna Barcelona di Primera Liga Spanyol, Sabtu (19/1) malam waktu setempat, dengan memberikan kekalahan pertama kepada sang penguasa klasemen dengan skor ketat 3-2.

Meski Sociedad tak pernah mengalami dalam enam pertandingan terakhir di kandang sendiri, mereka tak memiliki rekor bagus jika menghadapi
Barcelona. Dalam sembilan pertemuan terakhir, Sociedad menelan tujuh kekalahan. Sulit kiranya bagi Sociedad membendung Barcelona yang sudah membukukan 12 kemenangan beruntun di La Liga.

Babak Pertama

Pada menit ketujuh, Barcelona berhasil mencetak keunggulan. Setelah tendangannya melebar dari gawang Claudio Bravo beberapa menit sebelumnya, Messi memanfaatkan kesalahan pertahanan Sociedad untuk mencetak gol di sepuluh pertandingan beruntun. Ini rekor baru bagi dirinya pribadi maupun Barcelona.

Barcelona nyaris menambah keunggulan pada menit ke-14, tetapi sepakan Pedro Rodriguez menghantam tiang. Beberapa menit berselang, giliran Antoine Griezmann yang beraksi dengan melepaskan tembakan yang melenceng tipis dari gawang Victor Valdes.

Gol kedua Barcelona akhirnya tercipta pada menit ke-25. Diawali umpan Xavi Hernandez, bola diteruskan Dani Alves ke arah Pedro yang mampu menuntaskan peluang dengan sempurna di depan gawang Bravo.

Barcelona tak memberi keleluasaan kepada Sociedad untuk mengembangkan permainan. Sebuah tendangan Griezmann tanpa kesulitan bisa diantisipasi Valdes. Menit 33, Gerard Pique menerima kartu kuning karena mencoba menahan tendangan bebas Sociedad. Beberapa saat kemudian, Inigo Martinez berhasil melesakkan bola ke dalam gawang Valdes. Namun, wasit menganulir gol itu karena Griezmann sudah berada dalam posisi off-side.

Perlawanan Sociedad muncul di akhir babak pertama. Setelah peluang Messi digagalkan tiang gawang, Gonzalo Castro berhasil menyambung nafas tuan rumah dengan menciptakan gol balasan tuan rumah. Umpan akurat Carlos Vela berhasil diselesaikan Castro untuk menundukkan Valdes. Beberapa saat berselang, Castro kembali meraih peluang, tapi kali ini mampu digagalkan Valdes. Sociedad pun masuk kamar ganti saat jeda dengan secercah harapan untuk paruh kedua pertandingan.

Babak Kedua
Tempo pertandingan berjalan lamban di awal babak kedua. Vela sempat mengancam, tetapi sudah berdiri dalam posisi off-side. Sementara, upaya Andres Iniesta tidak disambut rekan-rekan setimnya dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Bencana bagi Barcelona muncul pada menit ke-56. Pique melanggar Vela sehingga harus menerima kartu kuning kedua dari wasit Alberto Undiano. Artinya, sepanjang sisa pertandingan Barcelona harus tampil dengan sepuluh pemain. Untuk mengatasi hilangnya seorang pemain belakang, pelatih Tito Vilanova segera memasukkan Javier Mascherano dan menarik keluar Cesc Fabregas.

Sociedad memanfaatkan betul keunggulan jumlah pemain. Secara beruntun tuan rumah memperoleh sejumlah peluang menciptakan gol. Setelah tendangan bebasnya melebar, upaya Griezmann harus susah payah diblok oleh Carles Puyol. Tetap saja Barcelona tak mampu menghindari gol penyama kedudukan yang tercipta pada menit ke-63.

Tendangan keras Castro berhasil menghujam gawang Valdes setelah lebih dahulu menghantam Mascherano. Gol itu menjadi kontribusi terakhir Castro dalam pertandingan karena harus keluar digantikan Diego Ifran sepuluh menit berselang. Sebagai catatan, dua gol yang diukir Castro pada pertandingan ini melengkapi gol debutnya untuk Sociedad saat menjebol gawang Barcelona, meski kalah 5-1, Agustus tahun lalu.

Sociedad terus melancarkan tekanan. Ifran dan juga pemain pengganti lainnya, Ruben Pardo, meraih peluang meski berhasil digagalkan Barcelona. Iniesta bahkan melakukan pelanggaran kasar terhadap Vela sehingga terancam menerima kartu kuning kedua. Beruntung wasit Undiano hanya memberikan peringatan.

Secara dramatis Sociedad mengemas gol kemenangan saat tambahan waktu pertandingan di waktu normal. Imanol Agirretxe, baru bermain sejak menit 84 menggantikan Vela, sukses menceploskan bola hasil umpan Carlos Martinez untuk membalikkan keunggulan Barcelona. Gol ini tak dapat dibalas tim tamu hingga pertandingan selesai.

Susunan pemain:
Real Sociedad Claudio Bravo; Mikel Martinez, Inigo Martinez, Alberto De La Bella, Carlos Martinez; Asier Illarra, Markel Bergara; Xabi Prieto, Antoine Griezmann, Gonzalo Castro; Carlos Vela.
Barcelona Victor Valdes; Gerard Pique, Carles Puyol, Dani Alves, Jordi Alba; Sergio Busquets, Xavi Hernandez, Cesc Fabregas; Pedro Rodriguez, Andres Iniesta, Lionel Messi.

sumber : http://www.goal.com/id-ID/match/85380/real-sociedad-vs-barcelona/report

Tidak ada komentar:

Posting Komentar