Selasa, 12 Februari 2013

Dinkes Gandeng PKK Bagikan 1000 Paket Persalinan

KAIMANA-Dalam rangka memperingati HUT PKK yang ke-41, maka pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan pada program Bidan dan ibu hamil bersinergi dengan Tim penggerak PKK Kabupaten Kaimana melakukan serangkaian kegiatan dibidang kesehatan, yakni dengan menyerahkan 1000 paket persalinan bagi ibu-ibu hamil yang melakukan pemeriksaan rutin di rumah sakit baik di RSUD Kaimana, Puskesmas Kaimana dan Poliklinik Sto. Marthinus Kaimana.
Ketua TP PKK Ny. Conny Mairuma didampingi Wakil Ketua TP PKK Ny. Irma Ombaeir dalam arahan singkatnya, guna menunjang peningkatan kualitas kesehatan terutama bagi ibu hamil yang akan melakukan persalinan, maka Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan bersinegis dengan TP PKK yang juga punya kepedulian dan program dibidang kesehatan, melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT PKK Ke-41 yang puncaknya akan dilangsungkan pada 3 Maret mendatang.
Untuk itu, kami TP PKK mlalui Pokja 4 melakukan serangkaian kegiatan diantaranya dengan melakukan kunjungan ke RSUD Kaimana, Puskesmas Kaimana dan Poliklinik St. Marthinus Kaimana guna memberikan dukungan dan support bagi ibu-ibu hamil yang secara rutin memeriksa kandungannya ke rumah sakit, dengan memberikan paket persalinan yang akan digunakan saat melakukan persalinan nantinya,ungkap Ny. Conny Mairuma.

Dijelaskan Ny. Conny bahwa pogram ini, baru pertama dilakukan di Kaimana, bahkan di Provinsi Papua dan Papua Barat. ini membuktikan bahwa Pemerintah Daerah sangat serius dan punya perhatian terhadap ibu-ibu hamil yang akan melakukan proses persalinan. hendaknya program pemerintah Daerah dapat dimanfaatkan secara optimal baik oleh pemangku peran yang mengimpelmentasikan program tersebut maupun ibu-ibu hamil di wilayah Pemerintah Kaimana.

Saya mengharapkan kepada ibu-ibu hamil dapat memanfaatkan peluang dan perhatian pemerintah yang cukup baik ini khususnya bagi ibu-ibu hamil yang akan melalui proses persalinan. juga asupan gisi dan nutrisi hendaknya diperhatikan oleh I bu-ibu hamil sehingga janin dalam kandungan dapat berkembang dengan baik sesuai asupan gisi dan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil, sehingga janin yang dilahirkan nanti menjadi anak-anak bangsa yang cerdas, harap Ny. Conny. Ny. Conny berharap agar program ini, dapat juga dicontohi oleh kabupaten-kabupaten lain untuk lebih memberikan perhatian yang serius pada ibu-ibu hamil yang akan melakukan proses persalinan. Karena dengan adanya program ini dapat merespon dan memotivasi para ibu-ibu hamil untuk secara rutin melakukan pemeriksaan kandungannya ke rumah-rumah sakit terdekat.

Berdasarkan pantauan, kemarin (11/2) dalam kunjungannya pertama dilakukan di RSUD Kaimana bagian BKIA diterima langsung oleh Dokter Spesialis Kandungan bersama dokter Umum dr. Herry, kemudian dilanjutkan ke Puskesmas Kaimana yang diterima langsung oleh Kepala Puskesmas dr. Coendrat Patticelano dan dokter umum dr.Vinsencia Thie, serta berakhir kunjungan dan pembagian paket persalinan di Poliklinik St. Marthinus Kaimana yang diterima langsung oleh kepala Poliklinik Sr. Ferdinanda dan Pastor Paroki St. Marthinus Kaiman Rm. Anselmus Dhegu,O.Carm.

Warga masyarakat pun berharap agar PKK tidak hanya lip servise semata namun menjalankan program secara berkala, ke semua wilayah, pelosok kampung sekalipun, bukan hanya menjalankan program PKK pada saat jelang HUT PKK saja tetapi kalender kerja jelas dan teratur dan terjadwal. (nic)

Sumber : http://www.radartimika.com/index.php?mib=berita.detail&id=7738

Tidak ada komentar:

Posting Komentar