Jumat, 01 Februari 2013

Pemda Diminta Bentuk Tim Kajian Pemekaran Distrik

KAIMANA - Dalam rangka memperpendek rentang kendali pelayanan pemerintah kepada masyarakat di Kabupaten Kaimana, maka DPRD melalui Fraksi Amanat Perjuangan meminta kepada pemerintah daerah untuk membentuk Tim kajian terhadap pemekaran distrik baru dimana wilayah Teluk Arguni Atas menjadi skala prioritas dan juga distrik Kaimana.


Usulan Fraksi ini didasari atas kondisi objektif daerah dan kemauan masyarakat yang disampaikan kepada DPRD melalui kunjungan komisi-komisi dewan maupun kegiatan reses anggota DPRD Kabupaten Kaimana di distrik-distrik tersbut, tegas Emanuel Rahail mewakili Fraksi Amanat Perjuangan. Selain meminta pemda untuk segera membentuk tim kajian pemekaran distrik Fraksi Amanat Perjuangan juga meminta kepada pemerintah daerah untuk terus memberikan perhatian terhadap pemenuhan pasokan listrik bagi masyarakat di tujuh distrik, karena listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat sebagai manusia modern oleh karena itu merupakan kebutuhan prioritas.

Namun untuk memperoleh pasokan listrik sangat menjadi langkah tanpa campur tangan Pemerintah. oleh karena itu Fraksi Amanat Perjuangan meminta agar pengambil kebijakan agar program Listrik Masuk Desa yang merupakan program nasional dapat didukung oleh pemerintah daerah dalam bentuk pembiayaan hibah atau bansos agar kebutuhan listrik masyarakat tujuh distrik dapat terpenuhi di tahun ini.

Bupati Kaimana Drs. Matias Mairuma dalam menanggapi usulan dan masukan terkait pemekaran listrik dan pasokan listrik bagi masyarakat tujuh distrik menjelaskan bahwa terkait dengan usulan dan saran tentang pembentukan tim kajian terhadap pemekaran Distrik baru di wilayah Teluk Arguni dan Distrik Kaimana maka pembentukan ataupun pemekaran distrik/kampung dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan tentunya disesuaikan dengan aturan.

Sementara berkaitan dengan program listrik tenaga surya masuk kampung Bupati memberikan apresiasi terhadap saran tersebut. Karena sejalan dengan kebijakan pemerintah daerah akan kebutuhan listrik bagi masyarakat di kampung seperti yang telah dilaksanakan di Kampung Warmenu Distrik Teluk Arguni Bawah. (nic)

Sumber : http://www.radartimika.com/index.php?mib=berita.detail&id=7233

Tidak ada komentar:

Posting Komentar