Minggu, 17 Februari 2013

Jalan Dibangun untuk Tunjang Produktifitas Rakyat Tahun 2013, Suntik Rp 15 M lagi untuk Jalan Lobo - Wanggatnauw

KAIMANA - Pembangunan ruas jalan di seluruh wilayah Kaimana, masih menjadi menjadi prioritas Pemerintah Daerah dalam tahun anggaran 2013 ini. Program tahun anggaran 2013, sarana dan prasarana fisik masih menjadi perhatian pemerintah. Untuk itu, kita akan fokus pembangunan jalannya pada titik-titik pertumbuhan ekonomi, guna aksesbilitas jasa transportasi menghubungi wilayah ini dengan pusat ekonomi yakni di Kota Kaimana, ujar Kepala Dinas PU Kaimana, Ir. Nikolaus Kuahatty, M.Ec, Dev, kepada Radar Sorong saat dikonfirmasi kemarin.
Dijelaskan, fokus pembangunan ruas jalan pada titik-titik pertumbuhan ini karena dengan ini dapat mensupport ekonomi produktif masyarakat, produktivitas masyarakat dapat ditingkatkan karena aksestabilitasnya sudah dibuka. Karena itu, kebijakan ini tidak hanya setengah-setengah, tetapi diupayakan dari hulu sampai ke hilir. Memang banyak titik pertumbuhan ekonomi di wilayah ini, tetapi saat ini kita baru fokus pada dua titik pertumbuhan yakni Lobo dan Mandiwa, selain itu juga Avona menjadi titik pertumbuhan yang akan menghubungkan kampung-kampung lainnya diantaranya Warifi yang kedepan juga akan ditargetkan menjadi pusat distrik, akunya.

Untuk mendukung itu, pembangunan ruas jalan Lobo-Wanggatnauw, harus mendapatkan perhatian pula. Tahun ini dilaokasikan lagi sebesar Rp.15 miliar. Untuk itu, diharapkan dengan penambahan alokasi anggaran pembangunannya, mudah-mudahan jalan yang sudah dibuka dapat dimanfaatkan untuk produktifitas ekonomi masyarakat di wilayah tersebut.
Sementara ruas jalan Mandiwa - Wermenu, katanya lagi, hingga saat ini sementara dilaksanakan. Soal anggapan beberapa kalangan bahwa jalan ini belum tuntas namun pembayaran sudah mencapai 100 persen, ditepis Kuahatty, bahwa itu merupakan pemahaman yang keliru serta salah persepsi. Selama ini jalan, keliru jika memang ada yang berpendapat demikian. Karena pembangunan ruas jalan Mandiwa-warmenu ini, berhubungan dengan material yang jauh dan adanya di Warmenu maka jalannya dimulai dari Wermenu, dan saat ini sudah dikerjakan, ujarnya.

Dikatakan, pembukaan jalan di beberapa wilayah ini, selain sebagai aksesbilitas titik pertumbuhan ekonomi yang ke depannya, tetapi juga akan menjadi embrio untuk pembangunan ruas jalan Trans Papua Barat. Selain program pembangunan infrastruktur jalan, kita juga mengupayakan program penyediaan sarana air bersih dan program lainnya, guna menunjang produktivitas ekonomi masyarakat di wilayah ini pada tahun yang akan datang, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.(nic)

Sumber : http://www.radartimika.com/index.php?mib=berita.detail&id=7957

Tidak ada komentar:

Posting Komentar