Sabtu, 23 Februari 2013

Hari ini Gubernur Lantik Sekda Kaimana

KAIMANA - Setelah melalui penantian yang berkepanjangan, akhirnya Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana, mulai hari ini sudah memiliki Sekretaris Daerah (Sekda) definitif. Rita Teurupun, S.Sos, akhirnya akan dilantik Gubernur Papua Barat, Abraham O. Atururi menjadi Sekda definitif Kaimana. Sebelumnya, karir Rita Teurupun cukup panjang, walaupun dibanding dengan Drs. Adjid Kadir lebih senior Adjid Kadir yang cukup lama menahkodai Distrik Buruway sejak Kaimana masih bergabung dengan Kabupaten Fakfak.
Sejak Kaimana masih berada di wilayah Kabupaten Fakfak, Rita sudah dipercayakan oleh Wahidin Puarada (Bupati Fakfak saat itu,red) menjadi Kepala Distrik Kaimana. Setelah pemekaran, Kabupaten Kaimana menjadi Daerah Otonomi Baru, Rita dipercayakan Hasan Achmad (Bupati Kaimana saat itu,red) sebagai Sekretaris DPRD Kaimana dan juga masuk dalam pemerintahan sebagai Asisten II Setda. Setelah masuk di pemerintahan Bupati Drs. Matias Mairuma, dan Wakil Bupati, Burhanuddin Ombaier, S.Sos, Rita dipercayakan menjadi Asisten II dan sekaligus sebagai Plt. Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

Setelah direkomendasikan oleh Pemerintah Kabupaten Kaimana, nama Rita Teurupun, dikirim bersama Plt. Sekda, Drs. Adjid Kadir dan Sardjono Prihadi,SE, Kepala Inspektorat, namun akhirnya Pemerintah Provinsi menetapkan Rita Teurupun, S.Sos, sebagai Sekda Definitif. Gubernur Papua Barat, Abraham O. Atururi yang tiba di Kaimana, didampingi Mantan Sekda Papua Barat Ir. M.L.Rumadas, M.Si dengan pesawat milik PD Padoma, sempat bersalaman dengan Rita Teurupun, di ruang VIP Bandara Utarom Kaimana.

Terkait dengan agenda pelantikan Sekda Definitif Kaimana, Rita Teurupun, S.Sos, segala persiapan sudah dilakukan oleh Sekretariat Daerah. Sejumlah undangan untuk menghadiri pelantikan pun sudah dilayangkan oleh Sekretariat Daerah. Plt. Sekda Kaimana, Drs. Adjid Kadir, yang dikonfirmasi Radar Sorong kemarin via telepon selulernya, membenarkan hal itu. Benar bahwa besok (hari ini,red) akan dilaksanakan pelantikan Sekda Definitif, ujarnya.

Adjid mengatakan, siapa saja dapat terpilih menjadi Sekda Definitif, sesuai dengan usulan Bupati dan selanjutnya ditetapkan oleh Gubernur setelah melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri. Dan jabatan Sekda itu adalah jabatan karir dan bukan merupakan jabatan politik. Jadi siapa yang dilantik, pasti akan menjadi team work yang kuat mendukung seluruh kebijakan Bupati dan Wakil Bupati dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan di wilayah ini. Tujuannya agar penyelenggaraan pemerintahan lebih berjalan baik, sesuai dengan harapan rakyat, akunya.

Dikatakan, dengan didefinitifkannya Sekda Kaimana, yang selama ini ditunggu-tunggu oleh Pemerintah dan masyarakat Kaimana, diharapkan ke depannya, pengelolaan keuangan daerah, dapat berjalan efektif. Karena bagaimana pun Sekda Definitif akan diberikan kewenangan yang lebih besar, untuk dapat mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan, berbeda dengan Plt. Sekda, jelasnya panjang lebar. (nic)


Sumber :  http://www.radartimika.com/index.php?mib=berita.detail&id=8333

Tidak ada komentar:

Posting Komentar